Hari Pertama Kelas X TKJ belajar KKPI

ini adalah pertemuan pertama KKPI untuk siswa siswi kelas X Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Batang. Selain perkenalan seperti biasa saat pertama mengajar, coba saya tanyakan keadaan Komputer dan Lab sewaktu di SMP , serta telah terkoneksikah dengan Internet.

Amat beragam memang keadaannya , meski begitu saya cukup bersyukur jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK N 1 Batang cukup diminati. terbukti dari jumlah pendaftar yang cukup banyak meski tergolong mahal di Kabupaten tempat saya…….eh gak juga tahun ini SMA tetangga ada yang nyampe 5 jutaan bahkan lebih, wah biarlah….itu urusan tetangga he he he.

Saya berusaha mengajarkan KKPI sesuai dengan keinginan pengembangnya yaitu saat ini pak Rafie dari VEDC Malang. Tahun ada hal yang membuat saya tertantang yaitu pembelajaran menggunakan Moodle silahkan lihat di http://elearningtkj.smk1batang.net .

Di dalam proses pembelajaran saya buat beda dari yang dulu2 :

– Sebelum pembelajaran siswa saya lihatkan Video yang berkaitan dengan materi / topik yang dibahas

– Siswa kita minta memberi tanggapan apa maksud tayangan tadi, sebisanya……….. maklum belum kita jelaskan

– Baru saya Paparkan materi dengan menggunakan powerpoint

– Akhir topik anak2 mengerjakan post test , materi post test telah saya siapkan dengan menggunakan program Hotpotatoes

– Latihan atau praktek kita berikan saat pembelajaran, ataupun pembahasan teori telah selesai.

O iya meskipun anak2 kelas X , juga telah kita beri materi wajib email dan browsing. cara praktisnya untuk anak 2 mengirimkan tugas2 ke gurunya.

demikian hal yang sya anggap menarik dan terus untuk dikembangkan , mohon masukan pembaca bila berkenan agar saya bisa mudah dan cepat menjadikan anak2 pinter.

salam kardiyono

2 thoughts on “Hari Pertama Kelas X TKJ belajar KKPI

Leave a Reply

